Dikenal Sosok Tegas dan Berkarismatik , Ahmad akan Lanjutkan VISI dan MISI pada Pilkades Labuhan Batin Mendatang

Mesuji – Sebagai Tokoh yang Arif, sederhana, dan ramah dalam bergaul diberbagai elemen masyarakat, tentunya sosok Ahmad mungkin tidak asing lagi dikenal ditengah masyarakat Mesuji, khususnya di desa Labuhan Batin, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji Lampung.

“Pria Energik, kelahiran Labuhan batin tanggal 12 April 1977 itu, dikenal berjiwa tegas dalam bertindak, Dermawan, serta rendah hati untuk menerima masukan, dan memberikan keputusan yang bijak, selama kepemimpinan nya sebagai kepala Desa Labuhan Batin masa bakti 2016-2021.

Menurut salah satu warga setempat yang enggan disebut identitas nya.
“Melalui program kerjanya beliau selama ini, dampak perubahan sangat terlihat dan dirasakan.

“Kepemimpinan pak Ahmad sebagai kepala desa, melalui program kerjanya selama ini sangat terlihat dan dirasakan disekitar lingkungan masyarakat. baik segi pembangunan, kesejahteraan masyarakat, keharmonisan, kenyamanan, dan ketentraman disekitar lingkungan.

” Beliau, merupakan sosok muda Berkarismatik, yang berani, penuh tanggung jawab, selalu terbuka dan tanggap dalam setiap tindakan, sehingga menurut kami sikap itu lah yang dapat memberikan kepercayaan penuh masyarakat untuk mendukung nya dalam mencalonkan diri kembali sebagai kepala desa Lanuhan batin ,ke Periode berikut nya. “Bebernya, saat ditanya awak media. “Selasa 21/09/21

Melanjuti keterangan tersebut, setelah dilakukannya kontrol sosial dari pihak media dilapangan.
“Ahmad, red, yang kini merupakan Kepala Desa (Aktif), saat dikunjungi dikediaman nya mengatakan, dirinya sebagai kepala desa selama ini merupakan suatu amanah yang dipercayakan masyarakat, untuk selalu dijaga dengan baik dan penuh tanggung jawab.

” Jabatan sebagai kepala desa bukan lah sesuatu yang istimewa, melainkan itu semua hanyalah amanah yang diberikan masyarakat kepada orang yang mereka tunjuk, untuk mampu berikan perubahan dan kemajuan yang diharapkan, dengan penuh tanggung jawab, mampu menjaga apa yang dipercayakan dan diamanahkan. Karena, tanpa kepercayaan yang diberikan mungkin saya bukan lah siapa – siapa di desa kami saat ini “Ungkapnya, rendah hati.

Karena itu, masih dikatakannya, saya akan terus melakukan langkah-langkah terbaik demi kemajuan dan perkembangan sesuai keinginan masyarakat, dengan selalu menyerap aspirasi serta masukan , dan mengedepankan musyawarah juga mufakat, Stef by Step dari setiap apa yang akan dicapai, sehingga mampu mewujudkan sesuatu yang Konkrit dan bermanfaat, sesuai apa yang diharapkan. “Jelasnya.

“Sementara, saat di tanyakan terkait pencalonan pada pesta demokrasi,dalam Pilkades serentak pada November mendatang, Pria sederhana itu mengatakan, guna melanjutkan program-program yang lebih baik lagi dari sebelumnya, dirinya akan kembali tampil sebagai Calon kepala desa (Incumben), untuk desa tempat kelahirannya tersebut.

” Ya, Mengenai Pilkades serentak mendatang, selain terlahir dari jiwa tulus dan iklas, juga atas dukungan penuh dari Keluarga dan masyarakat, Insa Allah saya akan kembali mencalonkan diri dalam berkompetisi pada Pilkades serentak yang digelar November mendatang. “Cetusnya.

“Ayah dari 4 anak itu juga menegaskan, keinginan nya untuk kembali menduduki jabatan sebagai kepala desa, bertujuan bukan sesuatu yang realistis dan sebagainya, melainkan untuk melanjutkan VISI dan MISI yang masih belum terealisasi, dalam program memberikan hak layak masyarakat demi mewujudkan pembangunan serta kemajuan perekonomian yang merupakan objek utama dalam mensejahterakan masyarakat yang sudah tersusun sebelumnya. “Ujar, pria yang hobi bermedsos tersebut.

“Berikut Uraian VISI dan MISI tersebut.

VISI:

*Membangun Desa yang Mandiri dan berdaya saing dan Berakhlak mulia.
*Mengedepankan Musyawarah dan sikap Gotong Royong.
* Meningkatkan Profesionalitas terhadap pelayanan masyarakat dengan merata.
*Meningkatkan kemajuan perekonomian masyarakat.
* Dan Menciptakan Pemerintahan yang Transparan, Jujur, Adil, Berbudaya, serta cerdas dalam mengambil keputusan demi kesejahteraan masyarakat, dan desa.

MISI :

Mewujudkan pemerintahan desa yang jujur dan berwibawa dengan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
Mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari baik dengan pemerintahan maupun dengan masyarakat desa.
Meningkatkan profesionalitas dan mengaktifkan seluruh perangkat desa.
Mewujudkan sarana dan prasarana desa yang memadai.
Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa.
Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa yang maksimal.
Meningkatkan kehidupan desa secara dinamis dalam segi keagamaan dan kebudayaan,Bentuk Program kerja yang Efektif dengan selalu melakukan evaluasi dan koreksi, baik dibidang Tufoksi pemerintahan maupun sasaran apa yang akan ditempuh.

Contoh :

A. BIDANG PEMERINTAHAN
Pemerintahan Desa merupakan ujung tombak dari maju dan berkembang nya suatu pembangunan serta perubahan, karena itu, Pemerintahan desa harus jujur, profesional, amanah, ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta cepat dan tegas dalam mengambil keputusan. Dimana untuk menciptakan hal tersebut pemerintahan yang baik seperti di atas, perlu dilakukan beberapa langkah Seperti :

Pembenahan Aparatur Pemerintahan Desa
Dengan perlu mengoptimalkan kinerjanya, agar setiap bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam tugas. Agar demikian harapannya Aparatur Desa akan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

-Transparan dan terbuka.

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepala desa dan aparatur desa, segala keuangan harus transparan atau terbuka. Transparansi keuangan yang dimaksud adalah di mana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang di dapat dengan pengalokasiannya minimal satu kali dalam setahun atas musyawarah masyarakat desa, serta membuat laporan kepada BPD.
Sinergisitas dengan BPD
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang anggotanya merupakan tokoh/wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Kepala Desa serta penampung aspirasi masyarakat harus terlibat dalam musyawarah terutama menyangkut masalah-masalah strategis terhadap pembangunan desa. Selain itu BPD juga diminta pendapat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

-Peningkatan Pelayanan Publik.

Pelayanan terhadap masyarakat lebih untuk Ditingkatkan sehingga masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan sesuai dengan kebutuhan dengan tidak membeda bedakan status dalam masyarakat. Sepanjang pelayanan yang menjadi kebutuhan masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang berlaku.

B.BIDANG PEMBANGUNAN.

“Bekerja keras guna mengadakan perubahan terhadap sesuatu dari yang tidak/kurang baik, menjadi baik, dari yang tidak bermanfaat menjadi manfaat, dan dari yang rusak menjadi bagus.

Dan selain itu terpenting Prioritas utama yang harus dilakukan dalam pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat dengan berupaya saling mendukung demi mencari terobosan dan ide-ide kreatif untuk memulihkan perekonomian masyarakat.

-Pembangunan akhlak.
Pembangunan akhlak diarahkan untuk menjadi manusia yang berakhlak karimah. Sarananya adalah pengajian-pengajian, majelis taklim, serta kegiatan-kegiatan positif seperti mengadakan pembinaan bersholawat bersama. Yang mana Hal tersebut harus selalu di ciptakan dan mendapat perhatian serius terutama generasi muda untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin modern.

-Pembangunan fisik.
a. Pembangunan sarana transportasi. diarahkan untuk menjaga perekonomian masyarakat, melalui membuka dan memperbaiki akses jalan pokok dan lingkungan yang memadai untuk lebih mudah ditempuh.
b. Pembangunan sarana pendidikan non formal
Memberikan kepedulian penuh bagi guru TPA dan TPQ.
c. Pembangunan bidang olahraga
Memberikan pembinaan bagi keolahragaan desa dengan cara memberikan aset untuk karang taruna desa, sehingga pengembangan potensi pada cabang-cabang olahraga dapat berjalan secara optimal.

C.BIDANG PERTANIAN.

Sebagian besar penduduk DESA adalah hidup dari hasil pertanian, sehingga perlu perhatian khusus terhadap apa yang menjadi kendala para petani desa, seperti sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, dan bantuan lainnya, dengan demikian harapan nantinya dapat mampu meningkatkan kesejahteraan para petani desa.

D.BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN.
Meliputi;
1. Mengoptimalkan kinerja RT dan RW
2. Pembinaan PKK
3. Memfungsikan BUMDes.
4. Melakukan Gotong Royong.
5. Dan membudayakan POS Kamling.

Target sasaran yang ingin dicapai.
A. BIDANG PEMERINTAHAN
1. Pemerintah Desa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, transparan dan amanah.
2. Pelayanan kepada masyarakat cepat, mudah dan ramah
3. Tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintahan desa baik dalam bidang pelayanan maupun bidang keuangan.

B. BIDANG PEMBANGUNAN
1. Terbentuknya masyarakat yang berakhlak mulia
2. Tersedianya sarana transportasi yang baik, pendidikan TPA dan TPQ lebih maju dengan kedinamisan.
3. Terwujudnya persatuan olahraga desa melalui kepemimpinan karang taruna desa dengan berbagai cabang olahraga seperti sepak bola dan bola voli dengan sistem keuangan yang baik.

C. BIDANG PERTANIAN
1. Berfungsinya kelompok tani
2. Terwujudnya kelompok tani yang maju dan sejahtera.
3. Serta membudaya kan Gabungan kelompok Tani (Gapoktan) sebagai sarana wadah para petani dalam memberikan saran dan masukan.

D.BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN.
1. Terwujudnya profesional kinerja RT dan RW
2. Berfungsinya PKK sebagai wadah bagi pembinaan kepada ibu-ibu untuk berkarya.
3. Terbentuknya BUMDes yang transparan.
4. Giat Gotong Royong guna memberikan kemudahan dalam kegiatan lingkungan, dan berguna menjaga kekompakan dan keakraban masyarakat.
5.Memfungsikan Pos Kamling agar dapat menjaga keamanan dan kondusifitas kenyamanan lingkungan disekitar nya.

Penulis :(kotan)