Dalam Mendukung Harkamtibmas, Sat Binmas Kumpulkan Da’i Kamtibmas Dalam Focus Group Discussion (FGD) Untuk Sinergitas Polri dan Ulama Dalam Menangkal Radikalisme


Kasat Binmas Polres Lampung Tengah AKP Kurmen Rubinyanto, SH, MM mengumpulkan Da’i Kamtibmas seluruh Lampung Tengah di Aula Atmani Wedhana Polres Lampung Tengah, Selasa (23/02/2021).
Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.IK., S.H, Waka Polres Kompol Suparman, S.Pd. M.M, Ketua MUI Lampung Tengah H.R. Mutawali, Ketua NII Krisis Center Indonesia Ken Setiawan, Dai Kamtibmas Prov Lampung Drs. H. Sulaiman Bardan, Ketua berikut anggota Dai Kamtibmas se Lampung Tengah serta Seluruh Kanit Binmas Polsek Jajaran Polres Lampung Tengah.
Kegiatan dibuka oleh Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.IK., S.H menyambut baik dalam terselenggaranya acara FGD saat ini, bahwa kita sering mendengar Radikalisme sering dikaitkan dengan Terorisme menganggap kaum yang paling benar dan yang lain yang tidak sepaham dianggap salah.

Menurut Popon “ ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya faham Radikalisme seperti Faktor Pemikiran, Faktor Ekonomi, Faktor Politik, Faktor sosial, Faktor Psikologis dan Faktor Pendidikan.
Untuk menyikapi permasalahan tersebut perlu adanya Strategi agar tidak mudah percaya paham Radikalisme dan Terorisme yaitu dengan langkah-langkah Memperkenalkan Ilmu pengetahuan dengan baik dan benar, Meminimalisir kesenjangan sosial, Menjaga persatuan dan kesatuan, Mendukung aksi perdamaian.
Serta berperan aktif dalam melaporkan Radikalisme dan Terorisme didaerah tempat tinggalnya, Meningkatkan Pemahaman akan hidup kebersamaan, Menyaring informasi yang didapatkan, Ikut aktif mensosialisasikan Radikalisme dan Terorisme” Lanjut Popon.
Materi juga disampaikan oleh KH.R.Muttawali Ketua MUI Lampung Tengah tentang Peran Da’i Kamtibmas diLampung Tengah agar membantu penanganan Covid 19 di Masyarakat, dilanjutkan oleh Ketua NII Crisis Center Sdra Ken Setiawan tentang Perkembangan Radikalisme saat ini dan peran penting Da’i Kamtibmas menangkal paham Radikalisme di masyarakat.
Kegiatan dilanjutkan oleh KH Drs.Sulaiman Bardan, Ketua Da’i Kamtibmas Propinsi Lampung tentang Tugas Pokok dan Peran Da’i Kamtibmas membantu tugas – tugas Kepolisian ditengah – tengah masyarakat serta Pemberian Plakat Kepada Narasumber dan pemberian simbolis seragam Da’i Kamtibmas Lampung Tengah oleh Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.IK., S.H.

Kegiatan tetap menerapkan Prokes seperti melaksanakan 5 M. Yang pertama M Memakai Masker, yang kedua M Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, yang ketiga M Menghindari kontak fisik pada kerumunan dan keramaian banyak orang Guna memutus tali rantai virus covid 19, yang keempat M Menjaga jarak dan yang kelima M Mengurangi Mobilitas untuk antisipasi Penyebaran Covid-19” demikian Pungkasnya. ( Monah)