Sandiaga berencana sebar 60.000 CCTV di lokasi rawan kejahatan jalanan

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana memasang 60.000 CCTV diseluruh wilayah DKI Jakarta. Hal ini karena maraknya pelecehan seksual yang terbaru pelecehan seksual yang terjadi di sebuah gang Jalan Bekasi timur IV, RT 08 RW 08, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, beberapa hari lalu.

Nantinya CCTV ini akan dipasang di daerah-daerah rawan tindak kriminal. Pemasangan CCTV dikatakan Sandiaga akan melibatkan pihak swasta dan ditargetkan rampung dalam lima tahun.

“Okay. Kita ingin memasang 60.000 CCTV di seluruh wilayah Jakarta sekarang baru 6.000. Baru 10 persen,” katanya saat di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2).

Saat ini dia bersama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik berencana menjadikan Jakarta kota yang aman.

“Salah satu (tujuan)nya adalah to make Jakarta safe. Jadi bukan hanya smart tapi juga safe. Nah ini yang akan kita dorong. Teman-teman dari Diskominfotik sudah mengajukan beberapa program, karena kita ingin menjadi kota safe,” jelasnya.

Sebelumnya pelecehan seksual terhadap wanita terjadi di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Tindakan tersebut terjadi pada seorang wanita di kawasan itu dan terekam oleh CCTV. Kejadian baru terungkap setelah korban membuat laporan ke polisi hari ini, Senin (12/2). Video pelecehan seksual ini viral di media sosial.

Kapolsek Jatinegara, Kompol Supadi saat dikonfirmasi, menjelaskan, kejadian itu sendiri terjadi pada Selasa (6/2) lalu, sekira pukul 19.30 Wib malam. Korban yang diketahui berinisial DKY itu diremas payudaranya dan terjadi kekerasan fisik.

“Korban disekap matanya dan diremas payudaranya dari belakang. Karena korban berontak, maka kepala korban ditekan ke aspal,” katanya. [Merdeka]