Bandara Soekarno-Hatta 2 Dibangun di Pulau Reklamasi Tangerang

Tangerang -Pemerintah menggulirkan wacana pembangunan Bandara Soekarno-Hatta 2 di Pulau Reklamasi Kabupaten Tangerang. Bandara Soekarno-Hatta 2 akan dibangun di pulau 4 dari 7 pulau yang dengan cara mereklamasi pantai utara Kabupaten Tangerang. “Iya rencananya di pulau ke 4 reklamasi,”ujar Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kabupaten Tangerang Taufik Emil saat dihubungi Tempo, Selasa 11 Oktober 2017.

Emil mengatakan rencana pembangunan Bandara Soekarno-Hatta 2 ini masih tahap prarencana Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.” Masih tahap kajian pra studi kelayakan, belum ada prediksi kapan akan mulai dibangun oleh Kemenhub,” tutur Emil.
Baca : Bandara Soekarno-Hatta Masuk Peringkat Besar Dunia

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kabupaten Tangerang, Henri menambahkan, rencana pembangunan Bandara Soekarno-Hatta saat ini memang masih tahap sosialisasi dari Kementerian Perhubungan. “Karena segala sesuatunya Pemerintah pusat yang melakukan termasuk semua perijinannya,” kata Hendri.

Bandara Soekarno-Hatta 2, kata Hendri, akan dibangun di pulau ke 4 reklamasi Kabupaten Tangerang di Tanjung Pasir Teluk Naga.

Pulau ke 4 adalah satu dari 7 pulau yang akan dibangun Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan cara mereklamasi 9000 hektar laut di sepanjang pesisir Utara Tangerang dari pantai Dadap, Kosambi hingga Kronjo.

Sebelumnya, Kabupaten Tangerang telah menunjuk PT Tangerang International City, anak perusahaan Salim Group sebagai pengelola kawasan reklamasi tersebut. TIC bersama pengembang lainnya akan bersama sama membangun Kota Baru Pantura berbentuk pulau.

Tujuh pulau yang terbagi dalam kawasan hunian, pusat bisnis dan jasa, kawasan industri dan pergudangan hingga pelabuhan dan peti kemas tersebut akan memiliki luas yang bervariasi dari 2000 hektar, 2500 hektar hingga 3000 hektar, sedangkan pelabuhan dibangun seluas 1500 hektar.

Megaproyek, termasuk pembangunan bandara Soekarno-Hatta 2, yang menelan investasi puluhan triliun tersebut akan dimulai dari Pantai Indah Kapuk yang berbatasan dengan kawasan Pantai Dadap, Kosambi, Kabupaten Tangerang.(Tempo)