Tersangkut Narkoba, Tiga Polisi Diamankan

Surabaya  – Polda Jatim dan Polres jajaran bersikap tegas terhadap anggotanya yang diduga terlibat dalam penggunaan dan atau pemakaian narkoba. Sebanyak 3 anggota Kepolisian di lingkungan Polda Jatim diamankan karena diduga tersangkat masalah narkoba. Ketiga oknum polisi itu ditangkap unit Propam karena kedapatan sedang mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu (SS). Ketiganya diamankan pada Minggu (12/2) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombespol Frans Barung Mangera menyatakan, penangkapan tiga anggota polisi aktif itu membuktikan Kapolda Jatim, Irjen Pol Mahfud Arifin, memiliki komitmen kuat dalam pemberantasan narkoba. “Tak peduli siapa orangnya termasuk anggota polisi. Itu sudah jadi komitmen Pak Kapolda,” ujar Kombespol Frans di Surabaya, Senin (13/2).

Terduga pelanggaran penggunaan narkoba secara melawan hukum adalah Sugeng Irianto, berpangkat Aiptu dengan NRP 62120089 dan jabatan Ba Bagsumda Polres Mojokerto. Lalu, Suryadi Bin Karti Diktomo dengan pangkat Aiptu, NRP 65100337 dengan jabatan Staf Sat Sabhara Polres Jombang. Aiptu Suryadi beralamat di Perumahan Sambong Permai Blok E nomor 10 Kecamatan/Kabupaten Jombang. Ketiga adalah Dwi Putro Didik bin Kasbun, dengan pangkat Aiptu dan NRP 67070588. Jabatan Didik adalah Sat Sabhara Polsek Kediri Kota Polres Kediri Kota.

Pengungkapan kasus ini bermula pada hari Sabtu (11/2), sekitar pukul 12.00 WIB, Sat Narkoba Polres Kediri berhasil menangkap seorang anggota Polri aktif atas nama Sugeng Irianto dengan barang bukti bukti 2 paket SS dengan berat 0,7 gram. Saat petugas Polres Kediri datang ke rumah Sugeng Irianto, saat bersamaan datang Aiptu Suryadi yang juga menuju ke rumah Aiptu Sugeng Irianto dan yang bersangkutan langsung diamankan petugas.

Lalu dilakukan penggeledahan di rumah kosong di sebelah rumah Aiptu Sugeng Irianto. Di dalam rumah itu diamankan seorang anggota Polri lainnya atas nama Aiptu Dwi Putro Didik dan 2 wanita yang berprofesi sebagai pemandu karaoke (Purel). Selain itu, ditemukan barang bukti seperangkat alat hisap SS. Setelah dilakukan tes urine terhadap ketiga oknum polisi itu diperoleh hasil positif dan mengandung amfetamin serta metafetamin. (Suaramerdeka)