Sertu Danang, Penerjun TNI Kopassus itu Dimakamkan Hari ini

Yogyakarta – Penerjun Kopassus TNI Sertu Danang yang sebelumnya dikabarkan hilang, dan telah ditemukan di perairan Tanjung Emas Semarang sudah tak bernyawa, akan dimakamkan hari ini di Kulon Progo, Yogyakarta.

Jenazah Sertu Danang sempat disemayamkan di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama, di kawasan Lanumad Ahmad Yani Kota Semarang. Jasad anggota Kopassus ini kemudian diterbangkan ke Lanumad Adi Sucipto Yogyakarta dan selanjutnya menuju rumah duka di Desa Brosot, Kulon Progo.

Kamis ini, 9 Februari 2017, Sertu Danang akan dimakamkan di Pedukuhan I Kutan, Desa Brosot, Kecamatan Galur, Kulon Progo DIY.

Anggota Sat-81 Gultor Kopassus itu meninggal dunia dalam latihan rutin terjun payung di perairan Semarang, Jawa Tengah, Selasa 7 Februari 2017. Dari 11 penerjun, Sertu Danang kemudian dikabarkan hilang akibat cuaca buruk. Tujuh kapal dan Basarnas pun segera melakukan pencarian, dan terhenti karena kondisi cuaca semakin memburuk.

Namun,  keesokan harinya di Pantai Cipta, Tanjung Emas, seorang nelayan bernama Tarwo menemukan jasad Sertu Danang masih berpakaian lengkap penerjun TNI, sekitar pukul 06.30, namun dalam kondisi sudah tak bernyawa.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IV Diponegoro, Kolonel Inf Dwi Endro Sasongko Kapendam menyatakan bahwa Sertu Danang gugur sebagai prajurit. “Saya ikut berbelasungkawa atas wafatnya Sertu Danang. Dia gugur sebagai seorang prajurit,” katanya, menegaskan.(Tempo)