Minggu Tenang Pilkada, Masyarakat Diminta Jaga Suasana Kondusif

Jakarta  – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai dalam waktu dekat ini, tidak perlu dulu ada kegiatan yang sifatnya pengerahan massa karena memasuki masa minggu tenang Pilkada.

Hal itu dikatakannya menyusul kabar dirinya meminta Menko Polhukam Wiranto untuk menggagalkan aksi demonstrasi pada Sabtu (11/2) atau aksi 112.

“Yang saya pahami sesuai dengan Peraturan KPU pada saat minggu tenang tidak boleh ada kegiatan yang sifatnya pengerahan massa oleh siapapun, khususnya massa pendukung,” kata Mendagri Tjahjo, Selasa (7/2) seperti dilansir dari laman Kemendagri.

Menurut Tjahjo, waktu minggu tenang ini sebaiknya tidak ada aktivitas apapun yang dinilai dapat memperkeruh suasana. “Pemerintah meminta seluruh elemen masyarakat menjaga suasana yang kondusif pada masa Minggu Tenang. Itu juga menjadi harapan saya,” ujar dia.

Mendagri menegaskan dirinya tak pernah meminta siapapun untuk menggagalkan unjuk rasa tersebut. Hanya saja, ia mengingatkan kalau secara aturan, aktivitas bersifat mengerahkan massa itu tidak diperbolehkan.(Suaramerdeka)